NASKAH SOAL UJIAN MADRASAH ( UM )
MTs. ……………………………………..
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Mata
Pelajaran : Qur’an Hadits
Hari/Tanggal : …………………………………………
Waktu : ( 90 Menit )
A. Pilihlah jawaban yang
paling tepat dengan cara member tanda silang (X) dengan salah satu huruf A, B,
C, atau D pada lembar jawaban yang tersedia !
1.
Perhatikan ayat di bawah ini!
يَا
أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي
الأمْرِ مِنْكُمْ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ
وَالرَّسُولِ
Hai orang-orang yang beriman,
taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. kemudian
jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada
Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya) (An-Nisa ayat 59)
Contoh perilaku dalam mencintai
Al-Qur’an pada QS.An-Nisa ayat 59 di atas ,....
A. Al Qur’an sebagai sumber
hukum bagi umat Islam
B. Al Qur’an sebagai
pembeda yang haq dan batil
C. Al Qur’an sebagai
pemberi kabar gembira
D. Al Qur’an sebagai
penerangan
2.
Perhatikan QS.Al Jumu’ah ayat 9 dan Hadis di
bawah ini!
يَا
أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ
فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ
Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan
shalat Jum'at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah
jual beli
مَنْ
تَرَكَ ثَلَاثَ جُمَعٍ تَهَاوُنًا بِهَا طَبَعَ اللَّهُ عَلَى قَلْبِهِ
Artinya, “Siapa yang meninggalkan tiga kali shalat Jumat
karena meremehkan, niscaya Allah akan
menutup hatinya,” (HR Abu Dawud, An-Nasai, dan Ahmad).
Fungsi hadis pada contoh di atas!
A. Mengukuhkan hukum-hukum
yang telah disebutkan dalam Al-Qur’an
B. Menafsirkan ayat-ayat
Al-Qur’an yang bersifat mujmal (global)
C.
Menetapkan hukum yang belum disebutkan dalam Al-Qur’an
D. Membatasi keumuman
Al-Qur’an
3.
Sebagai seorang yang beriman kita harus menggunakan Hadits sebagai
pedoman hidup yang kedua setelah kitab suci Al-Qur’an karena di dalamnya banyak
mengandung tuntunan dari Nabi Muhammad Saw. Pernyataan berikut ini yang
menunjukkan pengertian hadits menurut istilah adalah …
A. Segala ketetapan/Taqrir
yang disandarkan kepada Nabi Muhammad Saw.
B. Segala sesuatu yang
berasal dari Nabi Muhammad Saw baik yang berbentuk ucapan, perbuatan ataupun
ketetapan beliau.
C. Segala sesuatu yang
berasal dari Nabi Muhammad Saw yang berbentuk perbuatan.
D. Segala sesuatu yang
bersumber dari Nabi Muhammad Saw yang berbentuk ucapan.
4. Di dalam QS As Syams di
sebutkan tentang beruntungnya orang yang mensucikan jiwanya. Adapun lafal yang
tepat sesuai pernyataan tersebut adalah ...
A. وَٱلقَمَرِ إِذَا تَلَىٰهَا
B. وَٱلَّيلِ إِذَا يَغشَىٰهَا
C. وَنَفس وَمَا سَوَّىٰهَا
D. قَد أَفلَحَ مَن زَكَّىٰهَا
5.
Dari Hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah,
Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa sedekah
itu tidak akan mengurangi harta. Lafal yang tepat dari terjemah hadis tersebut
adalah...
A. مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ
B. الَّذِينَ يُنْفِقُونَ
فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ
C. وَالْكَاظِمِينَ
الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ
D. وَاللَّهُ يُحِبُّ
الْمُحْسِنِين
6.
Apabila ada alif ( ا ) terletak sesudah
fathah atau ya’ sukun ( ي ) sesudah kasrah (―ِ ) atau wau ( و ) sesudah dhommah ( ―ُ
) maka hukum bacaannya adalah ....
A. Mad Thobi’i
B. Mad Iwadh
C. Mad layyin
D. Mad far’i
7. QS Al Balad adalah surat
ke-90 dan termasuk golongan surat makiyah. Dinamakan Al Balad yang berarti negeri. Adapun Hikmah utama dari di
turunkanya Qur’an surat Al Balad bagi
umat manusia adalah ...
A. Membuktikan manusia membutuhkan
kasih sayang dari Allah SWT
B. Membuktikan betapa manusia sangat lemah dan bahawa kuasa
dan kekuatan hanya dimiliki oleh Allah SWT.
C. Manusia tidak bisa hidup sendiri
D. Manusia harus selalu beriman
kepada Allah SWT.
8. (1) إنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ لَهُ خَيْرٌ
(2) فَكَانَ خَيْرًا لَهُ إِنْ
أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ
(3)
،
وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْراً لَه
(4)
عَجَبًا
ِلأَمْرِ الْمُؤْمِنِ
(5) خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَلِكَ ِلأَحَدٍ
إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ
Urut urutan yang pas dari hadis Riwayat Muslim dari Abu
Yahya Shuhaib bin Sinan tentang indahnya sabar
dan syukur adalah
A. 3-2-4-1-5
B. 4-1-5-2-3
C. 1-2-3-4-5
D. 4.2-3-1-5
9. Sesungguhnya manusia
diberikan ujian Allah SWT berupa
kelaparan, dahaga, harta dan, buah-buahan. Ayat yang tepat dengan
pernyataan tersebut adalah...
A.
وَأُولَٰئِكَ
هُمُ الْمُهْتَدُون
B. أُولَٰئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ
رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ
C. الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ
مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُون
D. وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ
بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ
وَالثَّمَرَاتِ
10. Perhatikan ayat
al-Qur’an berikut ini! إِيلافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ
Identifikasi yang benar untuk lafaz وَالصَّيْفِ adalah ...
A. Mad tamkin karena ada
salah satu huruf mad thabi’i diikuti dengan huruf yang dibaca berhenti atau
terdapat tanda waqaf
B. Mad ‘arid lissukun
karena ada salah satu huruf mad thabi’i diikuti dengan huruf yang dibaca
berhenti atau terdapat tanda waqaf
C. Mad ‘iwad karena ada
salah satu huruf mad thabi’i diikuti dengan huruf yang dibaca berhenti atau
terdapat tanda waqaf
D.
Mad layyin karena ada ya sukun didahului huruf
yang berharakat fathah dan huruf akhirnya diwaqafkan.
11. Perhatikan bacaan Qur’an
di bawah ini!
لاظَلِيلٍ وَلا يُغْنِي
مِنَ اللَّهَبِ (٣١)إِنَّهَا تَرْمِي بِشَرَرٍ كَالْقَصْرِ (٣٢)كَأَنَّهُ
جِمَالَةٌ صُفْرٌ (٣٣)وَيْلٌ يَوْمَئِذٍ لِلْمُكَذِّبِينَ (٣٤)هَذَا يَوْمُ لا
يَنْطِقُونَ (٣٥)وَلا يُؤْذَنُ لَهُمْ فَيَعْتَذِرُونَ
Dari ayat al-Qur’an
tersebut yang termasuk hukum bacaan mad ‘Arid lissukun adalah ...
A. لا يَنْطِقُونَ –
فَيَعْتَذِرُونَ - يَوْمَئِذٍ لِلْمُكَذِّبِينَ
B. لَهُمْ فَيَعْتَذِرُونَ -
جِمَالَةٌ صُفْرٌ - يَوْمَئِذٍ لِلْمُكَذِّبِينَ
C. وَلا يُغْنِي مِنَ
اللَّهَبِ - بِشَرَرٍ كَالْقَصْرِ - يَوْمُ لا يَنْطِقُونَ
D. لَهُمْ فَيَعْتَذِرُونَ -
مِنَ اللَّهَبِ مِنَ اللَّهَبِ - جِمَالَةٌ صُفْرٌ
12. Perhatikan ayat berikut!
مَثَلُ الَّذِينَ
يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ
سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ
لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّه وَاسِعٌ عَلِيمٌ
Arti lafadz فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ
dari ayat tersebut yang sesuai
adalah ...
A.
Pada sebutir tangkai sebutir biji
B.
Pada setiap tangkai sepuluh butir
C.
Pada sebutir tangkai sepuluh biji
D.
Pada setiap tangkai ada seratus biji
13.
Tidak ada
suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun
(datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata; "Ya Allah
berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya", sedangkan yang
satunya lagi berkata; "Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada
orang yang menahan hartanya (bakhil)”.
Kalimat “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang
menafkahkan hartanya” terjemahan tersebut bila ditulis dengan bahasa arab
menjadi ...
A.
اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا
B.
إِلَّا
مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ
C.
اللَّهُمَّ
أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا
D.
يُصْبِحُ
الْعِبَادُ فِيهِ
14. Perhatikan ayat-ayat berikut!
قُلْ آلذَّكَرَيْنِ - قُلْ آللَّه - آللَّهُ
Identifikasi
yang benar terkait hukum bacaan pada ayat-ayat tersebut adalah ...
A. Mad Lazim Mutsaqqal
kilmi, karena huruf mad dibaca panjang 6 harakat.
B. Mad Lazim Mukhaffaf
Kilmi, karena setelah huruf mad hurufnya bertasydid.
C. Mad Farqi, karena
sebelum huruf mad hurufnya berharakat tasydid
D. Mad Farqi, karena huruf
mad tersebut dibaca panjang untuk membedakan kalimat tanya dan bukan kalimat
tanya.
15. Perhatikan ayat
berikut! بَلْ تُؤْثِرُونَ
الْحَيَاةَ الدُّنْيَا
Yang
merupakan terjemahan dari ayat tersebut adalah ...
A. Tetapi kamu (orang-orang
muslim) memilih kehidupan duniawi
B. Tetapi kamu (orang-orang
kafir) memilih kehidupan duniawi.
C. Tetapi kamu (orang-orang
beriman) memilih kehgidupan ukhrawi
D. Tetapi kamu (orang
muslim) memilih kehidupan ukhrawi
16. Perhatikan Q.S.
Al-Qashash (28): 77 berikut!
وَابْتَغِ
فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الآخِرَةَ وَلا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا
وَأَحْسِنْ كَمَا
أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ وَلا
تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الأرْضِ إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ
Yang merupakan isi
kandungan dari ayat tersebut adalah ...
A. Allah memerintahkan
manusia bekerja dan berusaha untuk kepentingan urusan duniawi dan ukhrawi
secara seimbang. Keduanya hendaknya berjalan dan diperhatikan secara seimbang.
B. Allah memerintahkan
manusia bekerja dan berusaha untuk kepentingan dunia, karena hidup di dunia
merupakan sarana untuk menuju kemulyaan di akherat.
C. Bersungguh-sungguh dalam
menggapai sesuatu dan memohon pertolongan kepada Allah supaya diberikan
kemudahan.
D. Bersungguh-sungguh dalam
menggapai sesuatu dalam bekerja supaya memperoleh hidup yang seimbang.
17. Perhatikan potongan
hadis berikut!
وَأَصْلِحْ
لِي آخِرَتِي الَّتِي فِيهَا مَعَادِي
Arti yang tepat untuk
penggalan hadis tersebut adalah ...
A. Ya Allah perbaiki bagiku
duniaku yang di dalamnya ada penghidupanku
B. Ya Allah perbaiki bagiku
akheratku yang ke sana tempat kembaliku
C. Ya Allah jadikanlah
hidup ini selalu menambah kebaikan bagiku
D. Ya Allah jadikanlah
matiku sebagai kebebasanku dari kejahatan
18.
Perhatikan potongan hadis berikut! وَأَشَارَ يَحْيَى بِالسَّبَّابَةِ Hadis tersebut mempunyai arti ...
A.
Yahya mengisyaratkan dengan jari kelingking di
laut
B.
Yahya mengisyaratkan dengan jari telunjuk di
laut
C.
Yahya berisyarat dengan jari telunjuk di laut
D. Yahya berisyarat dengan
jari manis di dalam laut
19. Ruhama terlahir dari
golongan yang cukup kaya dengan harta. Dengan kekayaan yang diberikan
keluarganya ia gunakan untuk membantu teman-temannya yang kesulitan. Perilaku
yang dilakukan Ruhama pengamalan dari hadis ...
A. وَأَصْلِحْ لِي آخِرَتِي الَّتِي فِيهَا مَعَادِي
B. وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِي فِي كُلِّ خَيْرٍ
C. وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِي مِنْ كُلِّ شَرٍّ
D. وَأَصْلِحْ لِي دُنْيَايَ الَّتِي فِيهَا مَعَاشِي
20.
فَإِذَا جَاءَتِ الطَّامَّةُ الْكُبْرَى lafal الطَّامَّةُ cara membacanya adalah dengan diberatkan dan dimasukkan pada
huruf berikutnya, karena merupakan bacaan ….
A. Mad lazim mukhaffaf lazim
B. Mad lazim mutsaqqal kilmi
C. Mad lazim mutsaqqal harfi
D. Mad lazim mukhaffaf
kilmi
21.
Mencari nafkah dengan berdagang secara jujur berarti sudah
memanfaatkan rezeki dari Allah, sedang hukum melakukan kejujuran termasuk......
A. Fardhu kifayah
B. Mubah
C. Fardhu Ain
D. Sunah Muakad
22. Dalam surat Al An’am
ayat 152 dinyatakan agar manusia berlaku adil. Pernyataan adil disini adalah
dalam hal menakar atau menimbang kepada ....
A. Orang yang disukai saja
B. Famili karena ada hubungan
kekeluargaan
C. Orang lain yang bukan famili
D. Calon pembeli baik famili atau
orang lain
23. Sebagai tindak lanjut
tentang perintah Allah untuk menyempeurnakan takaran/timbangan, maka Allah SWT
menurunkan QS Al An’am ayat 152, adapun Asbabun Nuzul surat Al An’am ayat 152
adalah berkaitan dengan ....
A. Perlakuan yang tidak adil bangsa
Arab dengan membeda-bedakan antara keluarga dekat dengan orang lain
B. Turunnya wahyu pertama pada
Rasulullah SAW
C. Allah ingin menunjukkan sumpahnya
D. Kecurangan orang Madinah
24. Hadits yang memberikan
pelajaran pada kita jika selalu jujur dalam setiap kegiatan bersama orang lain
adalah yang diriwayatkan oleh….
A. Baihaqy dari Ibnu Umar
B. Tirmidzi dari Hasan bin Ali
C. Baihaqi dari Ibnu Abbas
D. Tirmidzi dari Anas bin Malik
25. يَا مَعْشَرَ التُّجَّارِ ، إِنَّكُمْ قَدْ وُلِّيتُمْ أَمْرَيْنِ هَلَكَتْ
فِيهِ الْأُمَمُ السَّالِفَةُ قَبْلَكُمْ : الْمِكْيَالِ وَالْمِيزَانِ
Hadits ini menjelaskan tentang ....
A. Bekerja Keras
B. Menyempurnakan Takaran
C. Berlaku Jujur
D. larangan Berdusta
26. Salman sedang membaca QS. Hud:
41, ketika sampai pada lafal بِسْمِ اللهِ مَجْرَىهَا وَمُرْسَاهَا
Bacaan gharib yang tepat pada potongan ayat tersebut
adalah ...
A. Isymam
B. Mad dan Qashr
C. Tas-hil
D. Imalah
27. Perhatikan lafal-lafal di bawah
ini
|
No |
Lafal |
|
1 |
لَا
تَاءْ مَنًا |
|
2 |
مَجْرَىهَا
وَمُرْسَاهَا |
|
3 |
ءَاَعْجَمِي
و عربي |
|
4 |
وَلَا
الضَالًيْنَ |
Diantara lafal-lafal tersebut terdapat hukum bacaan gharib
dalam Isymam adalah nomor ..
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
28. Lafal yang keluar di
tengah-tengah antara huruf hamzah dan
huruf ha. Pernyataan ini merupakan cara
membaca hukum bacaan ….
A. Imalah
B. Isymam
C. Tas-hil
D. Naql
29. Ahmad sedang membaca al-Qur’an
yang disimak oleh gurunya. Ketika membaca QS.
Al-Hujurat: 11, pada lafal بِئْسَ الاسْمُ الْفُسُوقُ dibaca Naql, secara bahasa Naql
artinya….
A. Memiringkan
B. Menggabungkan
C. Meringankan
D. Memindahkan
30. Lafal وَلَذِكْرُللهِ اَكْبَرْ kebiasaan orang membacanya menjadi وَلَا ذِكْرُللهِ اَكْبَرْ huruf lam dibaca
panjang. Ini adalah salah satu contoh permasalahan yang terkait dengan bacaan….
A. Imalah
B. Isymam
C. Tas-hil
D. Mad dan Qashr
31. Perhatikan surah ‘Abasa: 1-4
berikut!
|
No |
Ayat |
Arti |
|
1 |
عَبَسَ
وَتَوَلَّى |
dia (Muhammad) bermuka masam dan berpaling |
|
2 |
أَنْ
جَاءَهُ الأعْمَى |
atau dia (ingin) mendapatkan pengajaran |
|
3 |
وَمَا
يُدْرِيكَ لَعَلَّهُ يَزَّكَّى |
tahukah kamu barangkali ia ingin membersihkan dirinya
(dari dosa) |
|
4 |
أَوْ
يَذَّكَّرُ فَتَنْفَعَهُ الذِّكْرَى |
atau dia (ingin) mendapatkan pengajaran lalu pengajaran
itu memberi manfaat kepadanya |
Ayat dan arti yang tepat pada tabel di atas adalah….
A. 1-2-3
B. 2-3-4
C. 3-4-1
D. 4-1-2
32. “niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman
diantara kamu” adalah arti dari lafal…
A. فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ
B. يَرْفَعِ الله ُالَّذِيْنَ أَمَنُوْا
مِنْكُمْ
C. وَأِذَا قِيْلَ أنْشُزُوْا فَأ
نْشُزُوْا
D. إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي
الْمَجَالِسِ
33. Perhatikan tabel di bawah ini!
|
No |
Lafal |
Arti |
|
1 |
مَنْ
سَلَكَ طَرِيقًا |
tidaklah seseorang yang keluar
dari rumahnya |
|
2 |
يَلْتَمِسُ
فِيهِ عِلْمًا |
untuk mendapatkan ilmu |
|
3 |
سَهَلَ
اللهُ لَه |
Allah menudahkan baginya |
|
4 |
طَرِيقًا
إِلَى الْجَنَّةِ |
jalan menuju surga |
Lafal dan arti yang benar terdapat
pada nomor…
A. 1-2-3
B. 2-3-4
C. 3-4-1
D. 4-1-2
34. Perhatikan hadis berikut
ini!
مَا
مِنْ خَارِجٍ خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ فِي طَلَبِ الْعِلْمِ إِلَّا وَضَعَتْ لَهُ
الْمَلَائِكَةُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا بِمَا يَصْنَع
Lafal أَجْنِحَتَهَا artinya…
A. sayap-sayapnya
B. akan mengepakkan
C. para malaikat
D. yang ia kerjakan
35.Pernyataan berikut ini yang merupakan contoh perilaku yang mencerminkan
terhadap penerapan nilai-nilai yang terkandung pada QS. al-‘Alaq dalam
kehidupan sehari-hari adalah ...
a. Tidak mudah putus asa apabila menghadapi
kesulitan
b. Saling nasehat-menasehati untuk menetapi
kebenaran
c. Senantiasa
memohon pertolongan hanya kepada Allah SWT
d. Memiliki semangat dalam menuntut ilmu
36. Mencintai Al-Qur’an dan hadits tidak hanya sebatas di
bibir saja akan tetapi harus diwujudkan dalam tindakan. Pernyataan berikut ini
yang merupakan perilaku mencintai Al-Qur’an dan hadits adalah …
a. Mempelajari Al-Qur’an dan hadits dengan
sungguh-sungguh
b. Selalu mencium Al-Qur’an dan hadits ketika
selesai membacanya
c. Menyimpan Al-Qur’an dan hadits ditempat yang
tinggi
d. Menjadikan Al-Qur’an dan hadits sebagai dasar
dalam hal-hal yang penting
37. Sikap fanatik orang-orang ka r Quraisy dan Ahli Kitab
yang ditunjukkan dalam QS. Al-Bayyinah ayat 1 – 2 adalah … .
a. Mereka berkeyakinan bahwa agama merekalah
satu-satunya agama yang benar
b. Mereka tidak akan beriman hingga Allah
menurunkan makanan dari langit
c. Mereka tidak akan beriman hingga datang Rasul
terakhir yang mereka dambakan
d. Mereka tidak akan beriman hingga melihat
Allah dengan mata kepala mereka
38. Berdasarkan isi kandungan QS. Al-Lahab, maka sikap yang
seharusnya dihindari oleh setiap muslim adalah …
a. Berdakwah kepada pemeluk agama lain
b. Mengurangi kegiatan dakwah Islamiyah
c. Berdakwah dengan cara yang tidak benar
d. Menghalang-halangi orang yang berdakwah
39. Fenomena yang
terungkap dalam QS. Al-Qaari’ah adalah peristiwa hari kiamat. Pernyataan
berikut ini yang termasuk fenomena alam yang terjadi pada hari kiamat
sebagaimana terkandung pada QS. Al-Qaari’ah adalah ... .
a. Perempuan hamil akan mengalami keguguran
kandungannya
b. Manusia saling bertanya akan kejadian yang
dialaminya
c. Manusia kebingungan seperti laron yang
beterbangan
d. Bumi akan mengeluarkan segala isi yang
dikandungnya
40. Salah satu sifat orang
yang mendustakan agama sebagaimana dijelaskan dalam QS. al-Maa’uun adalah ...
a. Orang yang menghalang-halangi dakwah
islamiyah
b. Orang yang berbuat kasar kepada anak yatim
c. Orang yang memakan harta anak yatim
d. Orang yang meninggalkan shalat
I.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan benar !
41. Hadis adalah sumber hukum Islam yang
kedua setelah Al-Qur’an. Sebagaimana Al-Quran, hadis juga memiliki beberapa
fungsi yang penting. Karena fungsinya itu, maka tidak mungkin seorang muslim
dapat memahami dan mengamalkan ajaran Islam dengan sempurna tanpa dengan hadis.
Sebutkan Fungsi Hadis terhadap Al Qur’an
!
42. Hukum bacaan Lam dibagi menjadi dua,
yaitu lam tafkhim dan lam tarqiq. Jelaskan
pengertian lam tafkhim dan berilah contoh!
43. Terjemahkan QS Al Muthaffifin ayat
1-3 berikut ini!
وَيْلٌ
لِلْمُطَفِّفِينَ (١)الَّذِينَ إِذَا اكْتَالُوا عَلَى النَّاسِ يَسْتَوْفُونَ
(٢)وَإِذَا كَالُوهُمْ أَوْ وَزَنُوهُمْ يُخْسِرُونَ (٣)
44. Dalam Al Qur’an surah
al-Mujadilah:11 Allah memberikan penjelasan kepada umat islam tentang tata cara
menghadiri suatu majlis/tempat pertemuan.
Jelaskan isi kandungan surah al-Mujadilah:11 tentang tata cara
menghadiri suatu majlis/tempat pertemuan tersebut!
45. Mencari ilmu memiliki banyak
keutamaan. Orang yang sedang mencari ilmu dengan menghadiri majlis taklim,
belajar di sekolah, belajar membaca al Qur’an; ia memperoleh pahala seperti
orang yang berjihad di jalan Allah (fi
sabiilillah). Sebutkan keutamaan
orang yang menuntut ilmu yang lain!
No comments:
Post a Comment